Selasa, 20 Desember 2011

Resensi "Quantum Ikhlas"












“ Everything is within you Ask all from yourself…”  Jalaluddin Rumi

APAKAH sebenarnya "sukses" itu? Apakah sebenarnya tujuan hidup yang kita cari? Patut diingat sukses bukanlah karir dan finansial semata, tetapi juga termasuk keluarga yang harmonis, persahabatan, kesehatan, tingkat intelegensi, rasional, emosional, maupun kecerdasan spiritual. Banyak cara untuk sukses dan bahagia. Dan, seperti banyak orang, kita juga senantiasa bekerja keras berusaha berubah agar bisa menikmati hidup yang lebih menyenangkan.

Mengupas tuntas intisari Teknologi Quantum Ikhlas; buku berjudul Quantum Ikhlas ini berupaya mengomunikasikan pesan inti bagaimana manusia dapat memperoleh kebahagiaan hakiki dan mencapai sukses hidup; pekerjaan, materi, dan relasi yang menyenangkan, secara ikhlas.

Dalam buku ini, Erbe Sentanu mengedepankan tujuan utama filosofi quantum ikhlas; yaitu untuk mengembalikan fitrah manusia sebagai makhluk yang sempurna. Fitrah manusia berada di zona ikhlas. Manusia yang sempurna adalah manusia yang hidup seimbang dan utuh dengan seluruh kecerdasannya -kecerdasan fisik (PQ), kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ).

Menurut Erbe, ikhlas dalam hati manusia mewujud melalui perasaan-perasaan damai, sabar, mudah bersyukur, tawakal, dan menyerahkan urusan pada Tuhan ketika kita sudah berusaha maksimal. Dengan kata lain, tidak memaksakan kehidupan untuk selalu berjalan sesuai kehendak kita.

Buku ini merupakan buku pertama dari serial buku yang membahas tuntas Teknologi Quantum Ikhlas; hasil pemikiran dari proses belajar dan pengalaman pribadi penulisnya selama lebih dari 20 tahun. Buku ini disebut para pakar spiritual manca negara sebagai buku yang mengajarkan kunci mempraktikkan prinsip-prinsip kesuksesan hidup dan filosofi the Law of Attraction dari film The Secret. Menurut mereka, Quantum Ikhlas telah menggabungkan prinsip the Law of Attraction dengan nilai nilai luhur ketuhanan khas bangsa Indonesia untuk meraih sukses lahir batin, dunia akhirat.

"Saya sudah menyaksikan kedahsyatan film The Secret sejak tahun lalu, yang saya tidak sangka adalah kunci rahasianya ternyata justru saya dapatkan di Katahati Institute. Sekarang saya ikut membantu menyebarkan teknologi Quantum Ikhlas ke negara-negara lain di Asia," komentar G. Kuna Sekaran, Life Transformation Coach, Singapore.

Selama ini banyak buku motivasi dan strategi sukses lainnya lebih mengutamakan kemampuan intelegensia dari logika berpikir semata. Mengedepankan peran dan manfaat positive thinking. Jarang dan belum banyak yang mengulas pentingnya positive feeling (perasaan positif) yang membarengi positive thinking dalam proses mencapai tujuan, seperti yang diajarkan buku ini.

Sayang, bagi pembaca pemula, mungkin beberapa bagian buku ini dirasa agak "berat". Khususnya dari segi istilah-istilah bahasa teknis yang digunakan penulis ketika menjabarkan konsep-konsep abstrak fisika kuantum, energi positif feeling yang mendasari the Law of Attraction ke bahasa sehari-hari yang lebih membumi.

Namun, di luar itu, buku ini relatif mudah untuk diserap dan dipahami. Penulis berusaha mengimbangi "berat"-nya bahasa filosof dengan memasukkan sebanyak mungkin analogi. Salah satunya, mengibaratkan otak pikiran dan perasaan manusia sebagai komputer yang memiliki hardware dan software sebagai mesin sistem navigasi hidup. Sistem yang harus senantiasa di-upgrade, dibersihkan dari virus-virus pikiran dan perasaan bawah sadar negatif yang membuat manusia merasa takut, cemas, ragu, sulit memaafkan, dan sebagainya.

Inti pesan buku ini sarat makna, inspiratif, dan praktis. Berusaha membuka hati siapa saja yang ingin mengubah kehidupannya dengan mengubah dirinya sendiri. Harapan sang penulis, quantum ikhlas adalah jawaban dan obat manjur bagi penyakit dan tsunami hati yang kini banyak melanda masyarakat Indonesia. Sebagai manusia, kita diajak untuk menjadi miracle maker, pencipta keajaiban.

"Teknologi quantum ikhlas tidak semata membantu Anda memiliki harta yang Anda inginkan. Ia juga tidak sekadar memudahkan Anda mengerjakan hal-hal yang Anda inginkan. Teknologi quantum ikhlas akan membantu Anda menjadi orang yang berhak memiliki dan mengerjakan apa yang Anda inginkan, dengan lebih mudah," tulis Erbe Sentanu.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar