Sabtu, 25 Juni 2011

MAHARAT KITABAH ( Proposal )


ABSTRAK
بحر الطويل فِى شِعْرِذوالرحمة  في الباب " بكي زوج مى "
 Bahar Thowil Dalam Sya’ir  Dzur rummah di Bab
Ratapan Sang Suami  

Pembahasan dalam skripsi ini yaitu mengenai kajian tentang Bahar Thowil Dalam Syi’ir Dzurrummah pada Bab “ Ratapan Sang Suami ” dengan pendekatan sejarah. Masalah yang dikemukakan dalam masalah ini meliputi tiga hal yatiu : 1). Siapakah Dzur rummah 2). Apa pengertian bahar dan macam – macamnya dalam syi’ir Dzur rummah 3). Apa saja bahar thowil yang terdapat dalam syi’ir Dzur rummah.
Penulis menggunakan dua metode dalam membahas masalah ini, yaitu metode bayani dan metode tahlili. Metode bayani adalah suatu metode yang menjelaskan pendapat-pendapat ulama’ yang berhubungan dengan masalah ini. Metode tahlili adalah suatu metode yang dilakukan pembahas untuk menetapkan pendapatnya berdasarkan pendapat para ulama’ dan kesimpulan-kesimpulan. Sedangkan tujuan pembahas dalam membahas masalah ini adalah untuk mengetahui macam-macam bahar thowil dalam syi’ir Dzur rummah.
Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1). Dzur rummah adalah penyair pada masa lampau yang pandai dalam bahasa. 2). Bahar adalah persesuaian satu huruf pada dua fasilah atau kata akhir. Dan dapat ditemukan keindahan yang terungkap dari susunan syi'ir tersebut, sehingga para pembaca dan pengkaji syi'ir Arab akan lebih semangat untuk terus mendalami makna-makna syi'ir dan keindahannya 3). Pembahas menemukan bermacam-macam bahar thowil yang terdapat dalam Dzur rummah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar